Friday, January 1, 2010

Tahun Baru 2010 dg semangat Peak Performance Building

Tanpa terasa kita sudah meninggalkan Tahun 2009 dan Masuk dihari yang paling awal Tahun 2010, mari kita trace back waktu yang telah kita habiskan selama 12 bulan, 52 minggu atau 365 hari (tahun lalu)..... Adakah waktu yang telah lewat tersebut berlalu dengan sia-sia atau... sudahkah kita memanfaatkan waktu yang telah lewat tersebut penuh dengan kreatifitas, bermanfaat untuk diri sendiri dan bermanfaat bagi lingkungan dan orang disekitar kita, apakah kita PEDULI:
P Perhatikan kebutuhan orang lain
E Empati pada masalah2 orang lain
D Dukung rekan2 mencapai cita2nya
U Ubah ketakutan menjadi kekuatan
L Lupakan kekurangan Rekan kerja
I Ingat untuk saling mendo'akan

Sahabat, menengok kebelakang memang PERLU, sebagai Barometer untuk Kesuksesan yang akan kita raih di masa depan, bahkan kita review ulang detik-detik, menit-menit,jam demi jam yang berlalu, apakah sudah demikian efektif dan efisien kita melalui dan menggunakannya.....
Kita harus berani mengakui, minimal kepada diri sendiri dan sewaktu bermunajat kepada sang Pencipta Allah SWT, ada waktu-waktu yang lalu kita pakai untuk bermaksiat, baik secara tidak sengaja..... bahkan ada juga yang kita lakukan dengan sengaja dan penuh kesadaran..... bahwa yang kita lakukan ini perbuatan Dosa, kadang-kadang dosa besar berlalu begitu saja......

Sahabat tulisan ini khususnya sebagai bahan intropeksi penulis, dan saya persembahkan kepada pembaca sekalian, mudah-mudahan bermanfaat....
Penulis teringat kepada seorang Pakar Psikolog yang sedang menyelesaikan S3nya dibidang Psikologi (Bapak Heru) Dosen di UI, beliau mengatakan untuk menghentikan perbuatan terlarang (dosa) sering-seringlah mengantar jenazah ke kuburan, kalau ini masih tidak mempan, coba ikut Modin (Pengurus Jenazah di kampung2) untuk ikut memandikan Jenazah...... (hehhehe..... seru juga ya kalau kita memandikan jenazah, kebayang aja enggak ya......)

Meraih masa dengan Dengan Semangat Peak Performance Building
Hari ini tanggal satu Januari 2010, mari kita mulai lembaran baru di hari yang paling awal tahun 2010, setiap aktifitas yang akan kita kerjakan dimulai dengan merencanakannya..... penulis teringat ucapak Bapak Dr. Gima Sugiama (Dosen penulis sewaktu kulias S2), belaiau mengatakan: Tulis apa yang akan dikerjakan dan Kerjakan apa yang ditulis..... Sederhana sekali ya sahabat..... namun sangat efektif sekali dalam kita memanfaatkan waktu seefisien mungkin, asal saja kita disiplin melaksanakannya.....
Untuk meraih Peak Performance diatas, mbak niek (Motivator Institut Kemandirian) pernah bilang...... Setiap Bangun pagi (saat pertama terbangun) ucapkan kata-kata positif, kita melakukan affirmasi atau mensugesti diri, katakan... saya sangat-sangat bahagia hari ini, sambil semringah dan membayangkan teman-teman, orang2 sekitar kita tersenyum kepada kita, kitapun selalu tersenyum kepada semua orang dan satu lagi RASakan Kebahagiaan tersebut..... ini teknik NLP: KATAKAN, BAYANGKAN (VISUALISASIKAN) dan RASAKAN (sampai tubuh bergetar barangkali, atau kita betul-betul menikmati kebahagiaan itu).... (hehheheh soalnya penulis barusan mengikuti Training NLP).
Mengutip pencerahan dari bang Jay (Motivator dari Institut Kemandirian).....
Ctrl-Alt-Del.......
Dahulu, pada tahap awal keterampilan menggunakan komputer, seringkali computer yang kita pakai mengalami hang. Tampilan di layar monitor berhenti. Tombol apapun yang ditekan, layar monitor tetap pada posisi yang sama.

Komputer mengalami hang seperti itu karena berbagai sebab, dan salah satunya karena komputer dipaksa membuka banyak program sekaligus. Jika hal itu terjadi, biasanya yang kita lakukan adalah memutus arus listrik ke komputer, dan kemudian menyambungkannya kembali.

Beberapa kawan memberikan saran, agar hal itu tidak terlalu sering dilakukan, karena bisa menyebabkan hilangnya file atau data pada komputer tersebut. Supaya lebih aman, cukup menekan tombol Ctrl Alt Del. Dengan melakukan hal itu, komputer akan melakukan proses reset (set ulang) dan fungsinya kembali normal.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita pun sering mengalami hang seperti komputer. Ada masanya ketika kita merasa bahwa hidup kita seperti jalan di tempat. Stagnan. Setahun umur yang kita lalui, seolah hanya mengubah jumlah bilangan umur dan uban. Supaya hidup kita kembali bergairah, pergerakannya terasa, maka kita pun perlu melakukan fungsi Ctrl Alt Del. Tiga proses yang akan menjadikan kita bisa berlari lebih kencang.
Control atau Pengendalian........... Kita harus mampu mengendalikan Diri Kita, Pikiran kita, Perilaku kita dan Pengendalian lainnya.....
Untuk Itu perlu Alternate, atau alternatip dalam mengarungi kehidupan ini, dari banyak alternatip, pilih satu dan Fokus.Terkhir Del = Delete. Adalah tindakan menghapus semua yang membebani kehidupan kita, sehingga kehidupan menjadi lebih ringan....
Tidak puas dengan kehidupan yang itu-itu saja setiap hari? Hidup terasa tidak ada perubahan? Tekan Ctrl Alt Del dalam komputer kehidupan anda. Tentu saja ada resiko, anda kehilangan beberapa hal dari masa lalu anda. Tapi percayalah, anda tidak akan kehilangan masa depan!

Sebagai Penutup, Penulis mengingatkan kembali... "YOU ARE WHAT YOU THINK"
Ingat kata-kata Mahatma Gandhi:
Hati-hati dengan apa yang anda Pikirkan, karena Ia akan menjadi Kenyataan...
Hati-hati dengan Apa yang anda KATAKAN, karena Ia akan menjadi Perbuatan..
Hati-hati dengan Perbuatan anda, karena Ia akan menjadi Kebiasaan (habit)....
Hati-hati dengan Kebiasaan Anda, karena Ia akan menjadi KArakter anda...
Hati-hati dst...... ,karena IA AKAN MENENTUKAN NASIB ANDA......
Ingat QS. Ar-Raad ayat 11)...

Selamat Tahun Baru sahabat, mari kita wujudkan bersama Impian-Impian kita di tahun 2010 ini....... untuk itu Ingat..... Buat Planning Tahun 2010 ini anda ingin menjadi APA..?????
Wassalamu'alalikum ww.... SAlam Sukses.... Luar Biasa.....
Ba'da Subuh tanggal 01 januari 2010 (by Munap Said)

No comments: